Senin, 07 Februari 2011

Meteor

| |


Ada orang percaya bahwa saat terlihat bintang jatuh maka itu saat yang tepat membuat permohonan. Katanya permohonan tersebut lebih mungkin dikabulkan. Boleh-boleh saja sih, asalkan permohonannya tetap ditujukan kepada Allah Sang Maha Pemberi, bukannya kepada si bintang jatuh tersebut.

Bintang jatuh sebenarnya adalah meteor. Belakangan ini kita dengar ada beberapa meteor yang jatuh ke bumi dan memilih mampir ke rumah penduduk. Kerusakan cukup parah terjadi, untungnya belum terdengar korban jiwa. Aku pikir bagus juga membuat permohonan saat ada bintang jatuh. Yaitu permohonan agar tidak menimpa rumah kita, hihihi…

Darimana meteor berasal ?

Meteor merupakan benda pelintas antar planet dengan beberapa ukuran yang menyeberangi orbit bumi. Meteor terutama berasal dari sabuk asteroid, dan itu menghujani bumi di sembarang tempat. Orang menyebutnya meteoroid sporadik.
Meteor biasanya melintas sendirian di langit dan datang dari segala arah. Tetapi dalam suatu hujan meteor, mungkin seratus meteor jatuh dalam waktu satu jam, dan semuanya dari satu arah. Kejadian ini bisa memunculkan pemandangan yang indah. Kayak di Meteor Garden mungkin ya ?
Menurut para astronom, hujan meteor berasal dari debu yang ditinggalkan oleh komet yang lewat di antariksa. Ketika bertemu dengan atmosfer bumi, partikel debu ini terbakar habis. Hujan meteor tahunan diberi nama menurut nama rasi bintang tempat terjadinya : Leonid di Leo, Orionid di Orion, Perseid di Perseus, dan seterusnya.

Benda seperti apakah sesungguhnya meteor atau bintang jatuh tersebut ?

Meteor adalah batuan atau logam sekecil titik debu hingga sebesar rumah atau lebih besar lagi. Di antariksa, benda itu disebut meteoroid. Akibat tarikan gravitasi bumi, meteoroid memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan 16 – 71 km / detik. Benda tersebut menjadi sangat panas karena tekanan ram (bukan gesekan lho..) sehingga berwarna putih dan meninggalkan garis cahaya di langit. Itulah bintang jatuh atau meteor.
Kebanyakan meteor terbakar habis sewaktu meluncur di atmosfer. Yang tidak habis dan jatuh di permukaan Bumi disebut meteorit, jumlahnya mencapai 9 ton per harinya. Nah, jadi yang menimpa rumah penduduk itu sebenarnya meteorit namanya.
Meteor yang menabrak bumi atau objek lain dapat membentuk impact crater (kawah tabrakan). Beberapa asteroid dari kelompok yang mengorbit dekat bumi mungkin menjadi meteorit besar yang terhempas di bumi dan menimbulkan kawah.
Kawah selebar satu kilometer lebih di gurun Arizona, Amerika Serikat, seperti gambar di samping ini dikenal sebagai Kawah Barringer. Kawah ini terbentuk 20 ribu tahun yang lalu (ada yang mengatakan 49 ribu tahun lalu), ketika sebuah meteor sebesar gerbong kereta api jatuh di tempat itu dan menyebabkan 365 juta ton batuan terlempar ke udara.
Bisa dibayangkan bagaimana dahsyatnya. Tapi sebenarnya ini cuma di urutan ke-10 besarnya. Selengkapnya mengenai jejak-jejak meteorit di bumi akan disambung pada postingan berikutnya.

Sementara ini yang perlu direnungkan, betapa mudahnya jika Allah menghendaki bumi ini hancur. Masihkah kita berani bersombong diri ?

0 komentar:

Posting Komentar

Zodiac Clock

Postingan Populer

Páginas

Mengenai Saya

Foto saya
percaya bahwa TUHAN akan membantu kita,ketika kita sedang susah

Seguidores

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Designed by: CompartidĂ­simo
Images by: DeliciousScraps©